Perbedaan Cold Process, Hot Process dan Melt & Pour Soap

Perbedaan Cold Process, Hot Process dan Melt & Pour Soap

Metode pembuatan sabun Cold Process, Hot Process dan Melt & pour soap, Bagi kebanyakan orang, sabun ya hanya sabun. Apa masalahnya tentang sabun?, yang penting bersih, kan? Benar. Kita tidak boleh lupa bahwa tujuan utama sabun adalah untuk membuat Anda bersih dan wangi. Anda mencuci tangan Anda dengan teratur (saya harap!), Mencuci muka, dan seluruh tubuh Anda dengan sabun, apakah itu sabun cair, sabun pabrikan murahan, sabun gratis dari hotel atau sabun handmade seperti saya. Tapi, saya sudah menyimpang dari subjek asli dan belum selesai sampai disini.

-Sabun proses dingin adalah sabun yang dibuat menggunakan metode tertentu yang disebut “proses dingin” tetapi metode ini adalah metode yang paling umum dalam pembuatan sabun home made. Anda menambahkan air yang dimurnikan (distilled water), alkali, minyak, dan kemudian pewarna dan wewangian yang Anda suka. Ta daaaaa! Jadilah sabun handmade dapat dibuat dengan mudah. Proses dingin soaping (juga dikenal sebagai sabun Cold Process) memungkinkan soaper untuk menambahkan bahan apa pun yang ia pilih untuk membuat sebuah sabun dan ada beberapa soapers proses dingin cukup inventif dan kreatif di luar sana. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang Anda masukkan ke dalam produk sabun Anda. Sabun Cold Process memerlukan waktu beberapa minggu setelah selesai dibuat sebelum siap digunakan.

 

Sabun Hot process proses pembuatannya hampir sama dengan cold process, hanya pada sabun hot process, adonan dipanaskan lagi (dimasak).

Banyak orang telah mencoba untuk menemukan cara untuk membuat sabun tanpa menggunakan alkali, namun hal ini tidak mungkin. Bahkan sabun melt and pour dibuat dengan alkali. Anak-anak, pemula, dan orang-orang yang takut terhadap alkali mungkin lebih baik menggunakan melt and pour. Soaper tradisional mungkin lebih suka proses panas, yang merupakan metode tertua yang telah digunakan manusia untuk membuat sabun. Dan orang-orang yang ingin memanjakan diri dengan sabun yang extra lembut mungkin lebih menyukai sabun cold process.

Sabun Melt and Pour adalah metode lain yang merupakan proses sederhana. Dalam arti, sabun itu sendiri sudah dibuat. Anda hanya membeli produk sabun dasar (Melt and pour base), Anda cairkan, lalu tuang ke dalam cetakan. Selama proses ini, Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain yang menunjukkan bakat kreatif Anda seperti warna, wewangian, exfoliant dll untuk personalisasi melt and pour soap. Sabun Melt and Pour (juga disebut MP Soap) tinggal dicairkan, tambahkan pewarna, pewangi, dijadikan hiasan, disusun warnanya satu demi satu, dan seterusnya. Proses ini jauh lebih praktis dibandingkan metode CP. Sabun Melt and Pour siap dipakai segera setelah dibuat. Jadi, sabun Melt and pour merupakan sebuah proses kreatif yang indah. Kekurangannya adalah bahwa Anda tidak memiliki kontrol penuh atas bahan bakunya,  karena pada dasarnya Anda membeli produk yang sudah jadi.

 

 

 

 

 

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *