Memilih Carrier Oils Sesuai Jenis Kulit

Memilih Carrier Oils Sesuai Jenis Kulit

Memilih Carrier Oils Sesuai Jenis Kulit

Dalam penggunaan minyak essential, minyak tumbuhan yang digunakan untuk mencampur essential dikenal dengan nama fixed oils, base oils atau carrier oils. Carrier oils didapat dari tumbuhan atau biji yang diproses dengan cara cold-pressed sehingga mengeluarkan minyak. Berbeda dengan minyak atsiri, carrier oils ini tidak akan menguap.

Carrier oils menjadi penting dalam penggunaan minyak atsiri karena minyak atsiri sebaiknya tidak digunakan tanpa dicampur terlebih dahulu. Kenapa? Karena minyak essential adalah substansi yang highly concentrated, molekulnya begitu kecil dan bisa menimbulkan iritasi jika bersentuhan langsung dengan kulit. Penjelasan ilmiahnya panjang! Untuk menyimpulkan, minyak essential harus dicampur dulu dengan carrier oil supaya efek minyak atsiri bisa mengkover area yang lebih luas. Yang paling penting adalah jika dilihat dari sudut pandang ekonomi; hemat. Penting, karena minyak essential harganya tidak murah.

Carrier oils sendiri dibagi tiga jenis; basic plant oils, special plant oils, dan macerated plant oils.  Yang mudah didapatkan karena banyak dijual di vendor biasanya basic plant oils dan special plant oils. Basic plant oils adalah minyak nabati dengan tekstur ringan (tidak kental) dan harganya tidak terlalu mahal, seperti : Almond oil, Virgin Coconut dan Grapeseed oil. Sementara, special plant oils teksturnya lebih kental dengan harga yang juga  lebih mahal, contohnya; Avocado oil dan Rosehip oil

 

 

Memilih carrier oils yang tepat untuk wajah/kulit sama trickynya dengan memilih essential oils yang akan digunakan. Selain dengan mengenali jenis kulit sendiri, kita juga harus tau kadar resapan carrier oils. Untuk kulit berminyak, disarankan memilih carrier oils dengan kadar resapan cepat (Rosehip) atau medium-cepat (Grapeseed, Jojoba dsb). Sedangkan untuk kulit kering, bisa pilih carrier oils dengan kadar resapan lambat (Castor, Coconut) atau medium-lambat (Avocado, Olive). Kalau kulit kombinasi, bisa disesuaikan dengan mencampur beberapa carrier oils sekaligus.

 

 

Jika ditilik dari segi manfaat, sebenarnya beberapa carrier oils memiliki manfaat yang hampir sama. Rata-rata mengandung Vitamin E dan bermanfaat untuk melembabkan, mencegah radikal bebas, mencegah keriput, serta menyembuhkan luka. Ada juga carrier oils yang diberkahi kelebihan, seperti Avocado dan Coconut Oil yang memiliki kandungan SPF tinggi atau Rosehip yang bekerja efektif menyamarkan bekas luka.

Berikut contoh minyak yang aku gunakan untuk perawatan tubuh sehari-hari :

Pengganti body lotion     = Virgin Coconut Oil/Sunflower + eo kesukaan

Pengganti day cream      = Avocado oil + eo kesukaan

Pengganti night serum    = Rosehip oil/Jojoba + eo kesukaan

Karena ini bahan alami, prosesnya bekerja mencerahkan kulit tidak secepat yang artifisial. Yang bisa speed up hasilnya adalah beauty routine dan kesabaran. Kulit kita regenerasi setiap 28-30 hari sekali, jadi kalau kita sabar dan rutin mengaplikasikan perawatan alami ini ke kulit, hasilnya baru akan kentara betul di hari ke-30 dan selanjutnya ^^

 

 

 

 

 

 

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *